Merupakan kemampuan matematika esensial yang tercantum dalam kurikulum Matematika Sekolah Menengah (NCTM, 1999, KTSP, 2006).
Indikator-indikator dalam Komunikasi Matematika (Sumarmo, 2006) adalah sebagai berikut :
- Melukiskan / merepresentasikan benda nyata, gambar dan diagram dalam bentuk ide dan atau simbol matematika.
- Menjelaskan ide, situasi dan relasi matematika secara lisan dan tulisan dengan menggunakan benda nyata, gambar, grafik dan ekspresi aljabar.
- Menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika atau menyusun model matematika suatu peristiwa.
- Mendengarkan, berdiskusi dan menulis tentang matematika
- Membaca dengan pemahaman suatu presentasi matematika'
- Menyusun konjektur, menyusun argumen, merumuskan definisi dan generalisasi
- Mengungkapkan kembali suatu uraian atau paragrap matematik dalam bahasa sendiri (Rangkuman)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar